REVIEW BUKU ALLAH SAYANG PADAKU

Review Buku Allah Sayang Padaku

Kali ini saya akan mengulas buku anak. Buku yang saya rekomendasikan banget pokoknya. Kenapa buku ini harus dimiliki, simak selengkapnya, yuk!

Kebanyakan orang tua mungkin kesulitan untuk mengenalkan konsep tauhid kepada anak-anaknya. Anak kecil yang masih dalam tataran konkret, tentu kesulitan untuk memahami konsep keberadaan Allah yang keberadaanNya di luar batas indrawi manusia. Hal ini ternyata juga dialami oleh Amalia Kartika Sari, yang kemudian mendorongnya untuk menulis buku anak-anak yang dapat membantu orang tua untuk mengenalkan Allah kepada anak-anaknya. Ditulis dalam seri tiga jilid dengan judul Allah Sayang Padaku buku ini berisi pengenalan Allah baik melalui ciptaan maupun sifat-sifatNya. Tiga judul dari seri ini adalah "Allah Ciptakan Tubuhku", "Allah Selalu Ada Untukku" dan "Dengan Nama Allah".


Tiga buku seri tauhid karya Amelia Kartika Sari ini telah tembus penjualan sebanyak 30 ribu eksemplar! Padahal buku ini hanya dipasarkan secara independen.

Apa sih keistimewaan ketiga buku dari seri tauhid karya penulis yang akrab disapa Amel ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

MENGENAL AMELIA KARTIKA SARI


Penulis buku Allah Ciptakan Tubuhku, Amelia Kartika Sari adalah seorang ilustrator. Kalau mencari namanya di laman pencarian google akan kita temui banyak karya Amel yang sangat terciri kekhasannya. Amel dikenal sebagai ilustrator vektor atau ilustrator yang menggunakan poligon atau rangkaian titik dalam menciptakan gambar pada grafis komputer. 

Amel lebih dikenal dengan nama Loveshugah. Karya-karyanya dapat dinikmati melalui instagram dan pinterest miliknya. Kalau diperhatikan, karya-karya Amel terkesan sangat colorfull dan fun. Hal ini juga yang menjadikan ketiga buku dalam seri tauhid karyanya tampak sangat menarik bagi anak-anak.

Instagram Loveshugah
Instagram Amelia Kartika Sari

Untuk memasarkan buku-bukunya, Amelia Kartika Sari mengandalkan penerbitan mandiri yang ia beri nama The Gang of Furr. Tidak hanya buku seri tauhid, The Gang of Furr juga telah banyak menghasilkan banyak buku dan tools belajar hasil karya Amel, seperti ABC Indonesiaku, Kartu Seru Hijaiyah, 123 dan masih banyak lagi.

The Gang of Furr
Produk-produk dari The Gang of Furr


MENGANTARKAN PEMAHAMAN TENTANG ALLAH MELALUI CIPTAANNYA


Dalam buku Allah Ciptakan Tubuhku, Amel menjelaskan konsep keberadaan Allah melalui ciptaan-Nya, yaitu tubuh kita. Bagi anak-anak, memahami keberadaan Allah melalui sesuatu yang sangat dekat dengannya, tentu lebih mudah. Amel menjelaskan mulai dari bagaimana proses penciptaan manusia dengan menggambarkan perkembangan janin hingga menjadi bayi di dalam perut ibu. Kemudian Amel melanjutkan dengan mengisahkan tentang bagian-bagian tubuh yang dimiliki manusia, ada panca indra, alat gerak hingga organ-organ di dalam tubuh manusia. Tidak lupa dalam setiap penjelasannya, Amel selalu mengaitkan dengan Allah swt, serta menekankan betapa banyak nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita.

Allah Ciptakan Tubuhku
Salah satu bagian favorit dari buku Allah Ciptakan Tubuhku


ALLAH ADA DI SEGALA PENJURU


Pada seri berikutnya yaitu Allah Selalu Ada Untukku, Amel mulai lebih dalam membahas tentang konsep Allah. Jika sebelumnya, Allah dibahas melalui ciptaan-Nya, kini Allah dijelaskan dalam konsep yang lebih tinggi. Ketika Allah tidak bisa diindrai dengan keterbatasan manusia, Allah tetap ada bersama kita. Terdengar berat, ya? Namun menurut saya, Amel cukup bisa membawakan konsep ini dengan ringan di dalam bukunya sehingga mudah ditangkap anak-anak.

Buku seri Allah Sayang Padaku selalu dihiasi dengan ilustrasi penuh warna yang menarik



Dijelaskan bahwa Allah selalu ada di kala kita sedih, senang, takut, penuh harap dan apapun perasaan kita. Allah juga ada di semua tempat, darat, laut, angkasa bahkan ruang angkasa. Dalam buku ini, Amel pun berusaha mengisahkan bagaimana Allah ada untuk segala permasalahan yang kita hadapi, misalnya saat kita sakit atau bingung. Seperti pada buku sebelumnya, Amel berusaha menjelaskan tentang konsep Allah melalui dunia yang sangat dekat dengan anak-anak. Disajikan dengan ilustrasi yang lucu dan sangat berwarna juga sangat membantu anak-anak untuk mencerna isi buku ini.

MENGENAL ALLAH MELALUI ASMAUL HUSNAH


Buku terakhir dalam seri tauhid karya Amelia Kartika Sari berjudul Dengan Nama Allah. Di buku ini, Amel menjelaskan tentang sifat-sifat Allah. Tidak semua asmaul husnah dibahas dalam buku ini, namun menurut saya sudah cukup menjelaskan kebesaran Allah melalui sifat-sifatNya. Karena target pembaca buku ini anak-anak usia dini, maka penjelasan tentang sifat Allah juga baru pada sifat yang lekat dalam kehidupan keseharian anak, misalnya Ar Rahman yang artinya pengasih dan Ar Rahim yang artinya penyayang.

ILUSTRASI YANG EYE CATCHING


Selain kontennya yang mengenalkan tentang konsep ketauhidan, buku karya Amelia Kartika Sari ini juga digambar dengan sangat apik. Tidak ada tokoh khusus dalam buku ini, jadi betul-betul hanya menonjolkan tentang Allah. Ilustrasi juga digambar tidak lengkap (biasanya tanpa mata), tetapi tetap saja tidak mengurangi kemenarikan ilustrasi dalam buku ini. Warna-warna yang cerah juga pasti disukai anak. Ditambah lagi dengan teks yang ditulis dengan ukuran font yang besar dan mudah terbaca. Buku ini sangat mudah menarik perhatian anak.

Buat saya, buku-buku ini hampir tidak bercela. Bagus deh pokoknya. Sebagai orang tua, saya pun merasa sangat terbantu untuk mengenalkan konsep Allah kepada anak-anak saya. Saya berikan ☆☆☆☆☆/5 untuk buku ini.







 

Komentar

  1. Salut deh, buat yang sudah menebar banyak kebaikan melalui karya tulisannya. Semoga bisa segera menyusul.

    BalasHapus
  2. Duh saya kepikiran mau koleksi bukunya juga untuk bacaan di pondok mengaji di kampung nih. Secara buku bacaan di sini biar ga cuma buku bacaan umum.saja, tapi juga ada buku bacaan islami. Seperti karya Mbak Amelia Kartika ini

    BalasHapus
  3. Wiii, bagusss nih bukunya.
    Berfaedah untuk anak2 dan memudahkan tugas ortu ya wkwkw
    Semoga berkaahh untuk pengarang dan reviewer buku ini

    BalasHapus
  4. Bentuk karya seperti ini sangat dibutuhkan oleh anak anak Indonesia. Bahan bacaan yang berisi dan bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Feed Instagram penulisnya bagus banget ya. Salut juga ia bisa memasarkan bukunya secara independen dengan penerbit independen. Ilustrasi bukunya juga bagus banget untuk buku anak-anak.

    BalasHapus
  6. Keren bukunya, jd pengen beli buat ponakan saya mbak

    BalasHapus
  7. Mantap nih bukunya. Gambarnya aja menarik dan sesuai banget dengan penjabaran. Ini bukunya satu paket atau gak?

    BalasHapus
  8. Ngalamin banget nih saat harus menjelaskan apa itu Allah kepada anak kecil, memang susah ya penyampaiannya. Melalui buku ini jadi terasa mudah banget. Good book.

    BalasHapus

Posting Komentar

Halo! Terima kasih sudah mampir membaca ulasan si ibu kutu. Silahkan tinggalkan komentar di kolom. Mohon jangan tinggalkan link hidup ya dan komentar teman-teman akan dimoderasi demi kenyamanan pembaca. Salam cinta dari si ibu kutu♡